Pengenalan Bahan Tambahan

Mengenal bahan tambahan dalam pembuatan donat sangat diperlukan bagi pemula, agar tak salah memasukkan salah satu bahan perlu diketahui fungsi dan kegunaan masing-masing bahan tersebut.  Pembahasan dibawah ini semoga dapat membantu…… disimak ya.

  1. BAHAN PENGEMBANG :Baking Alpina : Baking Alpina  adalah sejenis baking powder yang mengandung soda kue dan maizena. Kegunaannya yaitu  soda akan membuat pengembangan donat secara maksimal sedangkan maizena akan membuat tekstur donat menjadi lebih lembut dan halus.

    Baking Powder : Baking Powder adalah bahan pengembang yang biasanya ditambahkan dalam pembuatan cake maupun donat.   Baking Powder dapat berfungsi sebagai perenyah dalam donat.

    Baking Hercules : Baking Hercules mempunyai kegunaan yang sama dengan baking powder, yang membedakan adalah baking hercules lebih ekonomis karena harganya yang lebih murah.

    Double Acting : Double Acting adalah bahan pengembang untuk cake dan roti yang memiliki daya kerja yang kuat sekali dan bekerja dalam dua pengembangan. Pengembangan yang pertama pada waktu pengadukan, bahan ini akan bereaksi dengan air dan membantu proses pengembangan. Double Acting bekerja aktif menghasilkan karbondioksida secara terus menerus dan merata keseluruh adonan selama waktu pemanggangan berlangsung. Ini adalah pengembangan yang kedua.

    soda kue : Natrium Bicarbonat atau yang lebih dikenal dengan soda kue adalah salah satu jenis bahan pengembang yang biasa digunakan dalam pembuatan donat, roti atau makanan yang digoreng seperti kentucky. Yang membedakan dari baking powder yaitu soda lebih mengembang merata ke samping kalau baking powder lebih mengembang ke atas.

  2. BREAD IMPROVER :Baker Bonus : Baker Bonus tergolong improver yang masih alami, karena sebagian besar komposisinya masih mengandung ragi instant dan tepung terigu. Selain itu penambahan baker bonus dapat membuat roti leih empuk 1-2 hari. Baker Bonus sangat cocok untuk kebutuhan rumah tangga.

    Compact : Compact adalah bahan peningkat mutu roti. Dengan menambahkan bahan ini akan membuat adonan lebih lentur, serat lebih berwarna putih, dan bentuk roti akan lebih besar.

    Lecitem – 500 : Lecitem-500 merupakan campuran antara bread improver dan bread conditioner yang dapat mempercepat proses fermentasi sekaligus melembutkan dan mengempukkan pada hasil akhirnya.

    Dengan adanya zat gluten pada bahan ini sangat berguna apabila tepung yang digunakan mempunyai kadar yang yang terlalu tinggi.S-500 Improver : S-500 adalah jenis improver murni  karena asam askorbit yang terkandung didalamnya cukup tinggi, sehingga dapat menghemat penggunaannya serta berdaya kerja kuat. Tekstur dan serat roti yang dihasilkan akan lebih halus dan padat.

    S-500 lebih tepat digunakan pada pembuatan roti tawar.Soft Alpaga : Soft Alpaga merupakan salah satu jenis improver  murni yang mempunyai komposisi enzim dan zat pelunak gluten yang relatif seimbang. Hasil roti tidak saja akan mengembang maksimal dan berserat halus, tapi keempukannya yang relatif bertahan lama.

    Soft Alpaga lebih cocok digunakan untuk pembuatan roti manis.Magimix Yellow : Magimix Yellow merupakan salah satu improver yang mempunyai komposisi tepung terigu, enzim dan zat pelunak gluten sehingga mempercepat proses fermentasi ragi dan memadatkan serat roti.

    Magimix Yellow sangat cocok digunakan oleh konsumen yang menginginkan hasil akhir roti yang besar, padat dan berserat halus.

  3. CAKE EMULSIFIER :Ovalate : Ovalete adalah bahan stabilisator donat yang berbentuk pasta lembut yang dapat memberikan rasa empuk dan serat yang halus pada donat yang anda hasilkan. Ovalete juga dapat membantu memaksimalkan pengembangan kue pada saat proses pengocokan. Ovalete juga dilengkapi dengan wangi vanilli.

    SP Ryoto : SP Ryoto adalah emulsifier yang mengandung glycerine yang berguna untuk menstabilkan adonan pada waktu pengocokan agar tidak mudah turun. Bahan ini mampu mengikat udara dengan sempurna sehingga dapat menghasilkan serat-serat donat yang halus dan padat.

    TBM : TBM adalah emulsifier serbaguna, karena dapat digunakan untuk ahan pembuatan segala macam donat. Sangat tepat digunakan untuk rumah tangga dan yang hobby membuat donat.

    Sponge 28 : Sponge 28 terbuat dari gula bit dan gula tebu yang diekstrasi sehingga sehat untuk dikonsumsi. Kadar gula yang tinggi dalam bahan ini mampu memberikan pengembangan secara maksimal. Paling tepat digunakan untuk bolu kukus dan bolu panggang.

    Starkies : Starkies adalah emulsifier yang berwarna putih sehingga tepat digunakan untuk anda yang menginginkan hasil akhir donat yang berwarna cerah/putih.

  4. BREAD CONDITIONER :Bacom A – 100 : Bacom A-100 termasuk keluarga conditioner. Kandungan bahan ini adalah monogliceride murni yang mempunyai persenyawaan enzim amilase yang paling besar dari semua jenisnya. Efek persenyawaan ini berkaitan dengan efek menjaga kesegaran dan daya tahan roti sampai kira-kira 5 hari.

    IF – 100 : IF – 100 adalah bahan pemgempuk dan penghalus untuk roti, donat dan bakpao. Penambahan bahan ini akan membuat proses fermentasi lebih stabil.

    Supermix Prima : Supermix prima adalah bahan yang digunakan untuk proses adaonan cepat maupun proses adonan lambat. Kombinasi yang stabil antara lecitin dan enzim amilase mampu menghasilkan roti yang halus, lembut an putih.

    Ibis Blue : Ibis blue adalah conditioner yang kaya akan lecitin kedelai yang dapat menghasilkan roti yang sangat lembut dan gurih. Tingginya kandungan lecitin dapat menambahkan umur roti dan keempukan akan tahan lama.

    Bakerine Plus : Bakerine Plus adalah bahan pelembut untuk semua jenis roti. Selain membuat roti lebih halus roti akan empuk lebih lama dan volume roti pun akan bertambah.

  5. SOFTENER CAKE :Bentuk Cairan :

    Diva Cake Spftener : Diva cake softener adalah bahan pelembut cake yang berbentuk cairan yang dapat melembutkan dan menghaluskan pori-pori dan tekstur donat, menghilangkan bau amis serta dapat menambah umur donat. Merk softemer ini mempunyai beberapa aroma rasa seperti wisjman, vanilli, pandan dan lemon.

    Spontan Cake Softener : Spontan cake softener adalah pelembut cake yang berbentuk cairan. Selain membuat donat menjadi lebih lembut dan empuk penambahan softener ini dapat menghilangkan bau amis telor dan menambah umur donat. Tersedia aroma wisjman dan vanilli.

    Bentuk Bubuk :

    Marasquin : Marasquin digunakan untuk menghaluskan dan melemaskan cake. Bahan ini erbentuk tepung yang terbuat dari paduan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang diolah dengan cara tertentu yang dapat menghasilkan cake yang lembut dan lezat. Marasquin biasa ditambahkan dalma pembuatan cake seperti spiku atau sponge cake.

    Fruit Powder : Fruit powder adalah bahan pelembut dan pelemas cake yang terbuat dari perpaduan tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang diolah dengan cara tertentu yang daat menghasilkan cake yang lembut dan lezat. Sangat cocok digunakan untuk cake buah-buahan krena fruit powder memiliki aroma tuti fruty.

  6. BAHAN PENAMBAH PROTEIN TEPUNG :Dry Gluten : Dry Gluten adalah gluten yang dikeringkan, gluten merupakan protein tepung terigu. Gluten hanya terdapat dalam gandum, zat dapat membuat roti mengembang dengan baik. Karena alasan itulah maka tepung terigu mutlak diperlukan dalam pembuatan roti dan donat. Semakin banyak kadar gluten dalam tepung terigu membuat pengembangan roti lebih tinggi, padat, dan keras. Demikian sebaliknya.

Post Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *